Sebuah inovasi yang dipersyaratkan bagi setiap Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan III Tahun 2023. Sekretaris Kecamatan yang diberi tugas untuk mengikuti pelatihan tersebut, dituntut untuk membuat inovasi sesuai tugas pokok dan fungsi yang dimiliki nya. Disini fungsi Sekretaris Kecamatan adalah menjamin kelancaran tugas dari kecamatan sebagai fasilitator pemerintah kabupaten ke desa. Dan untuk menjamin kelancaran tersebut maka peningkatan kompetensi dalam penerapan aplikasi perkantoran menjadi hal utama yang harus dimiliki oleh setiap aparatur kecamatan. “Pemerataan Kompetensi” menjadi kata kunci dalam meningkatkan keberhasilan penyelenggaraan tugas sekretariat kecamatan. Konsep “KALATIKAN” ini adalah penyelenggaraan kelas rutin yang dilaksanakan Pada Hari Kamis setiap minggu nya di kantor kecamatan sebagai sarana untuk belajar bersama dan berbagi ilmu, untuk jangka pendek kelas ini diperuntukkan bagi aparatur kecamatan saja dan kompetensi yang diajarkan adalah aplikasi perkantoran seperti microsoft word dan excel serta pengajarnya pun berasal dari PNS Kecamatan Sambung Makmur sendiri. Harapan ke depan untuk jangka panjang kompetensi yang diajarkan dapat bertambah menjadi materi-materi yang lain dan pemateri yang berasal dari luar SKPD.